mwathirika

barusan, sore-sore di tengah jakarta yang panas, saya menemukan sebuah buku kecil dan tipis, dengan foto yang menarik.
hmm, sebentar. bukan hanya fotonya yang menarik, judulnya juga: Mwathirika.

Mwathirika berarti 'korban' dalam bahasa Swahili.

papermoon puppet theatre
ada tulisan seperti itu di sampulnya. di ujung kanan atas, terdapat sebuah logo yang sangat saya kenal, Goethe-Institut.

Saya buka halaman pertama dan muncul sebuah foto boneka bertampang suram dan dengan baju kuning yang ternodai darah. Di sisi kiri boneka itu terdapat tulisan yang mencolok; Tentang Sejarah Abu-abu di Mwathirika.



saya baca terus, dan saya mulai ngeh bahwa ini mengenai G30S/PKI
hmm. sangat menarik.

...

saya membacanya sedikit dan menyadari ini adalah buku yang membahas sebuah puppetshow. dan kemudian, saya menggunakan senjata masa kini yang tahu segalanya: google.com/mwathirika

semoga saja Mwathirika main di Bandung. Amin :)

oh iya, ini ada beberapa blog yang membahas mwathirika dan papermoon puppet theatre. check it out
mwathirika-puppet
papermoon-puppet

dan ini spoilernya. hehe. saya sedih banget loh pas baca ceritanya :'(
elgaayudi.wordpress
silakan dilihat atuh kalau ingin tahu ceritana

2 comments:

Felicia Primadita said...

jap, gw buka yg elgaayudi itu, dia ceritain lgkp gtu. ceritanya bagus tp sedih bgt ya.. sayang gw kelewatan :(

papermoon said...

hello!!! senengnya nemuin posting ini!!! terimakasih untuk udah nulis tentang mwathirika ya.. ;)
semoga lain kali bisa nonton pementasan papermoon yang lain! salam kenal!! :D