teman-teman SAPPK 09, penjurusan, dan nolkomasembilan

Akhirnya kuliah terakhir TPB 09 tiba juga. Kamis kemarin menandakan berakhirnya TPB 2009. hahaha lega juga sih, akhirnya SMA kelas 4 yang gw jalani berakhir juga. Selesai sudah perjumpaanku dengan kalkulus, kimia, dan fisika. HUAHAHAHAHA (doain semoga gw lulus jadi ga perlu ngulang)

Cumaaaaaaaaa, ada tapinya juga nih. Begitu TPB selesai, berarti tinggal menunggu penjurusan: Plano atau Arsi. Gue udah milih planologi waktu itu, insya Allah dapet plano deh ya ;)
Nah, kalo penjurusan, itu artinya gue akan berpisah dengan beberapa teman gw yang masuk ke jurusan berbeda sama gue. :'( Sedih deh rasanya teman-teman SAPPK 09 harus kebelah 2, kita temenan belom nyampe satu tahun tapi udah sedeket ini. Dan gw sedih kalo harus pisah, rasanya masih belom puas aja bareng-bareng.

Dua semester ini gak bakal bisa gue jalani dengan semulus ini kalau ga ada mereka. Mereka yang bikin 2 semester TPB terasa lebih menyenangkan daripada kenyataannya. Mereka yang mengembalikan mood gue setiap abis UTS. Kita jalan-jalan bareng, nonton, karaoke... Mereka tempat belajar bareng dan begadang bareng. Menjelang UTS-UTS, kita nginep bareng terus begadang sampe suntuk mencoba ngerti logika dari soal-soal kimia, ngapalin rumus-rumus fisika, dan nyoba-nyoba soal kalkulus yang abstrak. Begadang bareng bikin tekpres, observasi bareng, ke kantin bareng, hedon bareng, rapat bareng, tempat berbagi kegalauan, tempat berbagi kelabilan...

Di plano nanti gw masih bareng-bareng titis, happy, sekar, dll sih, tapi gw bakal kehilangan anak-anak yang masuk arsi seperti tera, epot, ivan, odie, heny, dan masih banyak lagi. Gimana ya, sedih aja rasanya, kita yang biasanya bareng-bareng beramai-ramai bersama-sama bersenda gurau tertawa terbahak-bahak, pada semester berikutnya mesti kepisah. Jurusan apapun yang bakal gue ambil, kita tetep gabisa bareng kayak gitu lagi.

Selain itu, SAPPK akhir-akhir ini baru kadwil nih. Kadwilnya judulnya SKETSA. nah, SKETSA inilah yang meniupkan badai labil dalam kehidupan gw. Jadi gini nih, sebelom gw ikut SKETSA, gw benar-benar amat sangat super duper ultra ekstra mantap mau masuk arsitektur. Gue sudah bulatkan tekad dan mantapkan hati, go arsi, no way plano!

But somehow, beberapa seminar di sketsa membuka mata hati telinga dan pikiran gw. seminar-seminar tersebut ngasih pertanyaan ke gw: sebenernya kenapa sih gw mau arsi? kalo mau jujur, plano cocok gak sih sama gw?
dan yak, akhirnya, gw labil sendiri. goyah sendiri, bingung kayak di gunung -___-
gw pusing banget mau milih yang mana, di satu sisi gw ngerasa plano oke, tapi di sisi lain (bagaimanapun juga) jadi arsitek itu keren. selama seminggu penuh gw super labil (untunglah gw ga labil sendirian, ada tera dan epot yang sama-sama labil hahaha) gw nelpon nyokap gw berkali-kali buat konsultasi jurusan (dan seringkali berakhir dengan air mata di pihak gw -____-) gw ngobrol sama banyak orang, tanya sana sini, bahkan gw sampe nelpon indi, temen gw di jakarta, untuk mengingatkan gw tujuan awal gw masuk SAPPK ITB.

Sampe 2 hari terakhir pemilihan, gw bahkan masih belom tau mau isi apa. waktu itu tanggal 29 mei, sedangkan terakhir pemilihan tanggal 30. sialnya, di saat-saat seperti itu, teman-teman labil gw sudah memilih jurusan. Good for them sih, i was happy for them hehe, tapi tetep aja bagaimanapun juga gw jadi ngerasa sendirian. huhuhu :'(

Nah, bagaimanakah keputusan yang saya buat pada akhirnya? Keputusan itu diiringi 3 percakapan terakhir yang cukup menentukan.
Percakapan nomor 3 terakhir, saya berbincang dengan dayat dan samia. gw tau mereka plano abis dan sangat mungkin kalo mereka bakal ngomong keplano-planoan dan akhirnya gw terpengaruh. tapi nggak, sih. mereka dengan tulus dan baik hati (ahaha lebay lah emang ibu peri) memberi gw saran-saran umum seperti: 'cari tau passion lo', 'mana jurusan yang lebih memudahkan jalan lo' dsb. Dari percakapan ini, gw jadi bener-bener sadar, ke depannya gw mau jadi apa.

Berikutnya, percakapan nomor 2 terakhir, gw ngobrol sama mentor SKETSA gw, kak kisbi. Dia anak arsi, jadi yang bisa gw lakukan adalah gw mencari tau tentang arsi lebih dalam lagi. gw nanya segala macam hal tentang arsi yang sebelumnya masih blur. dan dari situ gw dapet kejelasan tentang arsi, meskipun hanya seupil.

Nah, percakapan berikutnya adalah percakapan dengan ibu gw. waaaaaaaaaaaaaa, super sedih waktu nelpon nyokap. selain karena gw super bingung, gw bener-bener takut sampe ngecewain bokap nyokap dengan pilihan yang gw buat. abis itu, tiba-tiba gw merasa menyesal kenapa gw sampe ngelepas teknik mesin. entah kenapa, saat itu gw ngerasa kayaknya gw lebih cocok di teknik mesin daripada arsi maupun plano (mungkin rintihan hati yang labil kali ya)

Akhirnya, setelah gw merangkum semua plus minus yang akan gw dapat baik di arsi maupun plano (notulen: titis astri) akhirnya dengan hati yang agak takut, bimbang, labil, dan dilematis, gw membuka online akademik, dan segera klik Perencanaan Wilayah dan Kota. Waaaaaaaaaaaaaaaaa, setelah SATU TAHUN gw mantap dengan arsi, ternyata dalam seminggu pilihan bisa berubah ya. Doakan saya ini adalah keputusan terbaik untuk diri saya, amin...

Nah, lanjut masalah teman-teman gw, SKETSA ini, selain melabilkan, juga mendekatkan gw dengan banyak anak sappk. Banyak kegiatan yang harus dilakukan bersama, misalnya bikin papercraft, bikin senam, bikin yel2, dan masih banyak lagi. Tanggal 1 mei kemarin kita menyelesaikan final project kita: nolkomasembilan! gw masuk divisi acara dan alhamdulillah acaranya terbilang cukup sukses lah, hampir semuanya berjalan sesuai rencana, nggak ada hambatan yang terlalu ganggu, dsb. Thx to titis, teman seperjuangan gw mulai dari ttki, kpip, sampai acara. haha. Thanks to epot juga atas teknis lapangannya :P dan tidak lupa dong thanks ke kadiv kita, Dayat, yang sekarang rambutnya bikin dia kayak model iklan Pr*mina. hehehe

Iya pokoknya gitu, intinya banyak acara yang dilakukan bersama sehingga ujung-ujungnya kita jadi deket yakan. Kecewanya, di saat kita mulai dekat, TPB harus berakhir. Gw sih ga masalah TPB selesai, seneng malah hahaha, tapi gw bakal kangen temen-temennya deh sumpah huhu :(

Yasudahlah, buat semua anak sappk 09, dan juga anak ITB 09 yang lain, do your best, masih ada UAS menanti, ayo tingkatkan prestasi kalian, semoga kita bisa masuk ke jurusan yang diinginkan! :D

1 comments:

Anonymous said...

sepreeee! MWAH MWAH!