Geotrek

Kemarin nginep di kosan Avi jadi inget buat ngepost ini.
Geotrek!! kyaa



tanggal 19 desember 2010 kemarin, tiba-tiba saja gue ikut geotrek. dadakan banget dan random banget gue sampe ikutan ini. dua hari sebelumnya gue tiba-tiba diajak dan gue iya-iya aja karena mikir,"lumayan lah, pengen nyoba, pengalaman baru."

dan minggu pagi 19 des, gue ke kampus dan tidak mengenal siapapun selain avi hahahahaha. eh ternyata ada 2 panitia 2010 proficio yang ikut jadi gue kenal mereka juga.

jadi kita jalan-jalan sambil belajar tentang sejarah cekungan bandung.
kita ke sungai citarum, sungai terkotor di dunia.

pertama kita ke curug jompong.


anyway gue suka gue di foto barusan, tampak agak gendutan hoho.



nah, sebagai orang yang biasanya jalan-jalan normal, gue pikir kami akan melihat dari atas aja. ternyata, dengan agak shock, kami menembus hutan-hutan itu menuju sungai.


pengalaman pertama. kaki gue sempet kejeblos gitu saking rimbunnya semak-semak di situ. dan di bawah sana kami melihat lebih dekat si citarum. airnya coklat, banyak sampah.

airnya coklat? betul.

sampah? banyak! sadiiis.
setelah dari situ, kami pergi ke PLTA Saguling. tujuan yang satu ini membuat pelajaran Infrastruktur Wilayah dan Kota gue dua pertiga utuh hehe karena sebelumnya gue dan anak plano 09 kuliah lapangan ke waduk Jatiluhur. Di sana disebutkan bahwa waduk ini mendapat air dari Cirata dan Saguling.Yah, seenggaknya gue udah mengunjungi dua dari tiga waduk yang waktu itu dibahas hoho.

nah ini dia wujud bangunan PLTA Saguling.



nah itu yang kuning-kuning adalah pipa untuk mengalirkan air untuk PLTAnya. doi diameternya 4 meter.

next, kami masuk hutan lagi. woohoo.
ini 'gerbang' masuknya:


di dalam hutan ga bisa foto terlalu banyak. abis medannya susah, rimbun gitu, manjat-manjat dikit, tanah licin, lumpur, ribet deh.
dan ini perhentian pertama kami: bukit karst. hahaha seneng deh, perjalanan kali ini kayak melengkapi semua ilmu-ilmu yang gue pelajari di plano. waktu itu di mata kuliah Analisis Sumber Daya Alam dan Lingkungan hidup pernah dibahas singkat tentang bukit karst. dan saat itu gue melihatnya langsung, bahkan masuk ke goanya. woots azek.



ada stalaktit gitu haha tapi cilik-cilik jadi ga terlalu mengesankan. tapi asoi lah :D

yak, intinya kami terus berjalan ke makin ke dalam hutan (tapi ada sinyal loh!) dan perjalanan kami kira-kira seperti ini:






itu rata-rata foto di tengah-tengah peristirahatan, perhentian, pencucian kaki dari lumpur, atau pas lagi penjelasan dari pak budi. kalo pas di tengah-tengah perjalanan gue ga mampu foto, orang bertahan hidup aja susah. hahaha lebai. pas di tengah-tengah hutannya banget gue ga berani foto-foto, soalnya tanahnya licin banget, kepeleset dikit takut jatoh ke bawah, dan kadang-kadang juga mesti manjat batu kali yang gede-gede, pokoknya riweh deh.
eh tapi kelihatan kan, sungai citarumnya super bersih dan jernih gitu gak coklat-coklat lagi airnya.

sampai akhirnya kami tiba di tempat (hampir) akhir.


nice kan? Subhanallah :D

lalu kami masih masuk ke dalam dikit, dan akhirnya Pak Budi, dosen yang membimbing, bilang ini tempat terakhir kami.

"Sebenarnya sih tempat yang saya maksud bukan di sini, tapi di balik sana. Tapi ke sananya susah."

Pak Budi menunjuk sebuah tempat di balik jejeran batuan besar.

yaudahlah, kentang bangeeet hahahaha, sekalian aja yuk.
jadi akhirnya, gue dan beberapa orang memutuskan untuk lanjut. ada beberapa yang stay di tempat tadi, tapi cukup banyak yang mau melihat ada apa di balik batu. lumayan sih ada yang stay, jadi bisa nitip barang. jadi kamera gue ga dibawa deh, gabisa foto-foto fuuuh.



kami manjat batu-batu ini dan akhirnya bisa tiba di sana! :D

mirip-mirip juga sih, ada sungai bersih dan batu-batu besar. tapi, di ujungnya ada genangan, kayak danau kecil gitu, sungainya terbendung sama batu-batu yang di sana. ada satu batu gedeeeeee banget tingginya 15m kali ada, bentuknya kayak perosotan gitu hahaha. kata si kakak geologi sih itu batu sedimen. kalo ga salah dia sempat menunjuk sebuah batu dan ngasih tau gue,"itu batu breksi."

sekali lagi, perjalanan ini melengkapi ilmu gue. perjalanan ini ibarat praktikum geologi-asdal gue hehe.

terus di sana kita nyelup-nyelup di air. pertama sih yang cewek-ceweknya ga ada yang mau nyemplung sampai akhirnya si avi dengan tololnya kepleset lumut dan jatoh kecebur hahahhaa.

akhirnya cewek-ceweknya mulai ikutan nyelup.

terus gue hampir tenggelam di genangan hahahahaha untung ada yang menyelamatkan (Alhamdulillah), kalo ga gue pulang tinggal daging, arwah gatau kemana. @_@

yah, kurang lebih begini lah perjalanan kami. oh iya, pas pulang, gue nemu batu aneh dan gue bawa-bawa ke sana kemari. akhirnya karena merasa rebek, batunya gue buang.

dan batu itu ditemukan oleh pak budi, dan ternyata itu diduga peninggalan purba! hahahaha. dugaan gue sih kayaknya senjata jaman dulu gitu. ini nih yang gue temukan:


anyway, karena geotrek ini, dan karena gue jadi mengetahui Pak Budi, gue jadi ngambil mata kuliah Geowisata di semester ini. well, wish me luck, then! :D

0 comments: