Pengalaman adalah guru terbaik

Pengalaman adalah guru terbaik

Setuju?

Setuju.

Dari pengalaman, banyak banget pelajaran yang bisa diambil. Dan pelajaran-pelajaran itu banyak yang harus dipelajari melalui pengalaman yang buruk. Kalau para londo ngomongnya, "learn it hard way."

tapi, yang gue pikirkan adalah, ga semua pelajaran itu harus kita alami dari pengalaman diri sendiri. kita kan bisa belajar dari pengalaman orang lain. betul betul betul?

betul, upin.

lihat ke sekeliling, banyak banget orang yang udah berbaik hati menuliskan pengalamannya, membukukannya, dan mengemasnya dengan oke sehingga enak dibaca. kita tinggal baca dan jadikan itu sebagai pelajaran. tapi ya, emang bener sih, sesuatu lebih ngena kalo dirasakan sendiri. tapi, emangnya semua orang mau ngerasain semua pengalaman ga enak?

ya kalo gw sih nggak.

that's why, menurut gue, sebagai manusia kita harus buka mata, buka hati, dan buka pikiran. jangan bebal. belajarlah dari pengalaman, pengalaman sendiri ataupun pengalaman orang lain. jangan tunggu dipecut dunia dulu baru sadar.

tapi ya gimanapun juga, mengalami pengalaman buruk itu bukan sesuatu yang jelek. itu bagian dari hidup kita. belajar dari kegagalan sendiri itu baik. kita manusia biasa yang gak luput dari kesalahan. tapi, Tuhan memberi kesempatan kepada kita untuk melihat manusia lain dan belajar dari orang lain. ada kalanya kita berkesempatan untuk mendapat pelajaran hidup dari kisah orang lain. belajar dari pengalaman orang lain, selamat dari lubang tempat orang lain terjatuh, belajar dari kesalahan dan kegagalan orang lain, menurut gue itu super jenius.

intinya?
buka mata, hati, telinga, pikiran.
ngobrolah dengan orang-orang yang berkapasitas oke, dengan orang-orang yang sudah makan asam garam kehidupan
bacalah buku

what you do makes your quality.

0 comments: